PENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X 2 SMA ISLAM TELADAN AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Sumintarsih Sumintarsih

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X 2 SMA Islam Teladan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping (peta pikiran). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X 2 SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 33 orang (khusus kelas putra). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif yang diperoleh dari observasi dan pembagian angket serta data kuantitatif dari perolehan nilai kemampuan menulis cerpen, dengan proses analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari tahap prasiklus 57,88% menjadi 71,50% pada siklus I dan terakhir menjadi 78,38% dalam kategori baik  pada siklus II.  Adapun peningkatan kemampuan menulis cerpen dari 5,91 (rentang nilai 1 – 10) pada tahap  prasiklus menjadi 7,18 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 7,98 pada siklus II dengan total peningkatan dari awal sampai siklus akhir adalah 2,01 dan ketuntasan belajar mencapai  87,9%  atau 29 siswa dari 33 siswa dalam satu kelas.

 

Kata Kunci: model mind mapping, motivasi belajar, kemampuan menulis cerpen


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v1i02.3498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.