NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI

Anjar Setianingsih

Abstract


Abstrak: Nilai Pendidikan dalam Novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi ini teradaptasi oleh nilai pendidikan yang dikemukakan oleh Max Scheler, yakni nilai vitalitas atau kehidupan sosial yang berupa kisah kehidupan keluarga Alif yang sederhana; Nilai spiritual atau nilai agama yang tokohnya beragama Islam dan menampilkan kesediaan Alif untuk masuk ke pondok; Nilai moral yang positif dan negatif, nilai tersebut berupa nilai moral yang positif yaitu adanya pembelajaran pertama dengan menggunakan kata yang mujarab “man jadda wajadda”;Nilai budaya berupa supremasi masyarakat mengenai rumah makan padang yang terdapat atap bertanduk dan bertuliskan “RM Padang”.

Kata kunci: nilai, nilai pendidikan, ahmad fuadi, novel, negeri lima menara


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v1i01.3487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.