NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENARA KARYA AHMAD FUADI
Abstract
Abstrak: Nilai Pendidikan dalam Novel Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi ini teradaptasi oleh nilai pendidikan yang dikemukakan oleh Max Scheler, yakni nilai vitalitas atau kehidupan sosial yang berupa kisah kehidupan keluarga Alif yang sederhana; Nilai spiritual atau nilai agama yang tokohnya beragama Islam dan menampilkan kesediaan Alif untuk masuk ke pondok; Nilai moral yang positif dan negatif, nilai tersebut berupa nilai moral yang positif yaitu adanya pembelajaran pertama dengan menggunakan kata yang mujarab “man jadda wajadda”;Nilai budaya berupa supremasi masyarakat mengenai rumah makan padang yang terdapat atap bertanduk dan bertuliskan “RM Padang”.
Kata kunci: nilai, nilai pendidikan, ahmad fuadi, novel, negeri lima menara
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/btr.v1i01.3487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.