METODE PENELITIAN KEBAHASAAN

Agus Budi Wahyudi

Abstract


Pendahuluan

Hakikat bahasa itu adalah simbol. Manusia mempergunakan bahasa dalam berkomunikasi sehari-hari. Memang, manusia itu seperti yang dikatakan oleh Ernest Cassirer bahwa manusia adalah makhluk yang mengenal dan menggunakan simbol (Daeng,2008:183). Bahkan sampai sekarang jalinan komunikasi yang manusiawi berkat peran bahasa.

Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi dikaji oleh linguistik (ilmu bahasa). Masinambaow mengatakan bahwa bahasa merupakan suatu sistem terstruktur, bahwa masyarakat yang diteliti menggunakan bahasanya, secara homogen, dan bahwa variasi yang diobervasikan pada bahasa adalah variasi tidak signifikan dalam interaksi antar-bahasa” (2000:4-5).

Perkembangan linguistik (ilmu bahasa) dengan sendirinya berkait dengan perkembangan metode penelitian kebahasaan. Metode penelitian kebahasaan yang meliputi objek penelitian, data dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan teknik penyajian hasil analisis data.

Penelitian (research) adalah segala usaha berdasarkan metode dan disiplin ilmiah untuk mengumpulkan, menjelaskan, menganalisis dan menafsir fakta-fakta serta hubungan antara fakta-fakta pada: alam, masyarakata, tingkah laku, dan rohani manusia, guna menentukan asas-asas pengetahuan dan metode-metode baru dalam usaha menanggapi fakta-fakta itu sendiri (Malalaton, 2000:12).

Metode penelitian kebahasaan mengikuti gerak globalisasi sehingga ada antropolinguistik, neurolinguistik programming, ethnolinguistik, dan sebagainya. Trend global ditandai oleh perkembangan pendekatan kualitatif yang berkibar.

Bahasa yang digunakan oleh masyarakat sehari-hari telah mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut menyangkut penambahan kosakata baru, tanda yang dapat diamati adalah hadirnya konsep baru dalam kehidupan yang menuntut timbulnya kosakata yang baru. Proses pembentukan kata yang meluas dan berhubungan dengan konteks kekinian, dan ragam kalimat yang tidak terhenti dalam produktivitas berbahasa. Ciri, sifat, dan bentuk kebahasaan mengalami perkembangan yang pesat.

Keinginan yang terdapat dalam makalah ini adalah terciptanya suasana saling komunikasi dan saling memahami terhadap metode penelitian kebahasaan. Praktik penelitian kebahasaan dapat berguna bagi pemahaman yang mendalam tentang metode penelitian ini.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/btr.v1i01.3486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pbsi@umpwr.ac.id


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.