PENGEMBANGAN ALAT PERAGA TAMBAL BAN ELEKTRIK OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK KESATRIAN PURWOKERTO
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangam media pembelajaran peraga tambal ban elektrik otomatis pada perbaikan kerusakan pada ban sepeda motor, kelayakan media pembelajaran peraga tambal ban elektrik otomatis dan mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik setelah melakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran peraga tambal ban elektrik otomatis di SMK Kesatrian Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan cara membandingkan penggunaan media peraga tambal ban elektrik otomatis dengan peraga tambal ban manual. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket). Subjek penelitian siswa kelas XI SMK Kesatrian Purwokerto yang mendapatkan materi perbaikan kerusakan ringan pada ban berjumlah 70 siswa.Dari hasil penelitian diperoleh data kelas control dan kelas eksperimen diperoleh media peraga tambal elektrik otomatis layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil validasi produk sebesar 95% dan 90% dari ahli materi Pt. Daihatsu Armada dan Yamaha Mataram Sakti Purwokerto. Terdapat selisih hasil belajar antara kelas control dan kelas eksperimen, dimana pada kelas eksperimen menghasilkan prestasi belajar lebih baik.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Pengembangan Media, Peraga Tambal Ban Elektrik Otomatis, Perbaikan Kerusakan Ringan Pada Ban
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.