PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN ARUS BOLAK BALIK SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Mokhamad Fatkhur Rohman, Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) Untuk mengembangkan Media Pembelajaran Sistem Pengapian Arus Bolak Balik pada Sepeda Motor, 2) Untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Sistem Pengisian Baterai pada Sepeda Motor, 3) Untuk meningkatkan Minat Belajar Siswa setelah menggunakan Media Pembelajaran Sistem Pengapian Arus Bolak Balik pada Sepeda Motor.Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan subjek penelitian, yaitu kelas XII TSM A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas XII TSM B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian dan soal tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test.Dari hasil penelitian, menunjukkan : 1) prosedur pengembangan media pembelajaran meliputi pencarian tahap pendefinisian, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. 2) media pembelajaran stand sistem pengapian Arus Bolak Balik sepeda motor yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh dosen ahli media yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor yang didapat menunjukkan kriterian baik , validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 90.00% menunjukkan kriterian sangat baik. 3) hasil uji t membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = -4.595 dan p = 0,000) siswa kelas XII TSM SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 89.00% yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 85.00% yang meliputi 25 siswa. Pada minat belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media stand sistem pengisian baterai sepeda motor dan yang menggunakan media stand sistem pengisian baterai sepeda motor. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.262, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 2.353 dengan p = 0.071, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Sistem Pengapian Arus Bolak-Balik Sepeda Motor, Minat , Belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.