PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA ALAT UKUR MEKANIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID MAGELANG
Abstract
Tujuan penelitian ini : (1) untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran audio visual sebagai media pembelajaran penggunaan alat ukur mekanis siswa SMK Muhammadiyah Mungkid. (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan audio visual sebagai media pembelajaran penggunaan alat ukur mekanis. (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) sekolah sebesar 75 pada mata pelajaran penggunaan alat ukur mekanis dengan menggunakan media pembelajaran audio visual .Jenis penelitian yang digunakan Research and Development. Subyek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah Mungkid Magelang dengan kelas eksperimen (X TKR 3) yang berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol (X TKR 1) yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Angket berisi tanggapan siswa dengan 3 indikator dan 6 pernyataan dan tes berisi 30 butir soal. Sebelum digunakan sebagai instrumen penelitian, angket dan tes di uji cobakan secara terbatas kepada 20 siswa jurusan teknik kendaraan ringan untuk memperoleh validitas instrumen. Penghitungan instrumen angket dan tes menggunakan rumus validitas point biserial atau dengan taraf signifikan 5%.Hasil penelitian sebagai berikut : Uji coba terbatas terhadap instrumen menghasilkan dimana dan dengan nilai rata-rata 72,708% atau dengan kategori valid. Prosedur pengembangan sistem pengapian konvensional di SMK Muhammadiyah Mungkid Magelang dimulai dari tahap observasi, dilanjutkan dengan Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Penggunaan Alat Ukur Mekanis pada mata pelajaran penggunaan alat ukur mekanis, langkah pembuatan media dimulai dari : (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain produk media, (4) Evaluasi formatif produk awal, (5) Implementasi produk akhir, Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 14%, dengan nilai rata-rata 76,96 (sudah memenuhi KKM) dengan demikian menunjukkan siswa lebih aktif dan termotivasi. dan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol sebsar 71,66 (belum memenuhi KKM).
Kata kunci : Pengembangan, Media pembelajaran , Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Penggunaan Alat Ukur Mekanis, Hasil Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5376
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.