PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO MATERI OVERHOUL MOTOR BAKAR 4 LANGKAH BERBASIS INTERNET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui bagaimana prosedur pengembanagan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah. 2)megetahui kelayakan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah terhadap kegiatan pembelajaran siswa kelas XI SMK Muhammadiyah kutowinangun. 3)pengaruh penggunaan media pembelajaran audio video pada mata diklat motor bakar 4 langkah materi over houl terhadap minat belajar siswa kelas XI SMK Muhmamdiyah Kutowinangun KebumenPenelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) dengan subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XI SMK Muhmamdiyah Kutowinangun Kebumen yang berjumlah 60 siswa. dengan sampel dua kelompok kelas, yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (angket) untuk mengetahui kelayakan media yang digunakan untuk penelitian. Uji analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji t-test.Dari hasil penelitian dibuktikan dari ahli media yang menunjukan skor rata – rata 3,1. Validasi dari ahli materi yang menunjukan skor rata – rata 3,1. Media pembelajaran audio video juga telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukkan melalui respon siswa yaitu meiputi uji coba kelompok kecil memperoleh skor rata – rata 3,0 yang meliputi 5 siswa dan uji coba kelompok besar memperoleh skor rata – rata 3,17 yang meliputi 30 siswa. 3) Pada minat belajar siswa menunjukkan minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audio video dan yang menggunakan media audio video. Melalui uji normalitas diperoleh p = 0.200, karena p > 0,05 maka menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, melalui uji homogenitas diperoleh F hitung = 0,578 dengan p = 0.450, karena p > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varian homogen, melalui uji t-tes hasilnya thitung 2.558 dan T tabel dengan p = 0,000 < 0,05 yang menunjukan adanya perbedaan minat belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata – rata kelas eksperimen 82.5 dan nilai rata – rata kelas kontrol 80,0. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran audio video dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Video, Minat Belajar,Berbasis Internet
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.