PENGEMBANGAN ALAT PERAGA CUTTING KNALPOT CATALIC CONVERTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH PENGENDALIAN POLUSI KENDARAAN

Dimas Anugrah

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan media pembelajaran cutting catalytic converter untuk meningkatkan hasil belajar pada Standar Kompetensi Pengendalian Polusi Kendaraan PTO semester 4 kelas A dan B Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2017/2018, 2) untuk mengetahui hasil belajar kelas kontrol tanpa penerapan media pembelajaran 3) Untuk mengetahui hasil belajar kelas eksperimen dengan penerapan media pembelajaran 4) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan tambahan media cutting catalytic converter. Jenis penelitian ini adalah Research&Development menggunakan metode 4D define, design, develop, disseminate.Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan vokasional teknologi otomotif semester 4 kelas B Universitas muhammadiyah purworejo tahun ajaran 2018 Instrumen pengumpulan data berupa soal test dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji beda (uji t).Hasil validasi produk oleh ahli materi, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil validitas ahli media diperoleh skor 85,00 % (valid), validasi ahli materi 80,00% uji coba kelompok kecil 85,50% (valid) dan hasil tanggapan media 82,80% (valid). Hasil normalitas perhitungan test of normality hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh sig 0,166 dan sig 0,142 p=0,000<0,05 menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol terbeda secara signifikan, artinya ada kenaikan yang cukup dengan menggunakan media. Hasil uji t perbandingan rata-rata paired samples statistics hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh mean 74,83 kelas kontrol dan mean 85,17 kelas eksperimen menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol terbeda secara signifikan. Hal tersebut menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar mashasiswa pada mata kuliah produktif Pengendalian Polusi Kendaraan.

Kata kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Metode 4D, Pengendalian Polusi Kendaraan


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.