PENGEMBANGAN E-MODULE DENGAN PENDEKATAN INQUIRY BERBASIS WEBSITE PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI MOTOR BENSIN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Dwi Jatmoko, Aci Primartadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran e-module dengan pendekatan inquiry berbasis website pada mata kuliah teknologi motor bensin program studi pendidikan teknik otomotif di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan desain pembelajaran, (3) pengembangan desain produk, (4) evaluasi produk awal, (5) implementasi dan evaluasi. Proses validasi dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Selanjutnya dilakukan Forum Group Discussion (FGD) untuk implementasi produk dan desain pembelajarannnya. Subyek uji coba berjumlah 40 mahasiswa terdiri dari: 10 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 mahasiswa untuk uji coba kelompok besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi mendapatkan skor persentase 75% dan satu orang ahli media mendapatkan skor persentase 73,3%. Subyek uji coba terdiri dari: sepuluh mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 82,42%, dan tiga puluh mahasiswa untuk uji coba kelompok besar mendapatkan skor 85,61%. Pengumpulan data menggunakan quisioner untuk aspek penyampaian materi, kemanfaatan, desain modul, prosedur praktik TMB, dan pengoperasian e-module melalui website didapatkan data uji normalitas mendapatkan nilai sig. 0,659 pada uji kolmogorov-smirnov test data ini lebih besar dari nilai sig. 0,05%. Serta pada uji t-test (one sample t-test) mendapatkan nilai t-hitung sebesar 194,042 > 2,042 dan nilai sig. 0,00 < 0,05%, sehingga disimpulkan bahwa dengan media pembelajaran ini terjadi perbedaan positif atau meningkat keefektifan pembelajaran praktik pada mata kuliah motor bensin.

Kata kunci: Modul, Website, Metode Pembelajaran Inquiry, Teknologi Motor Bensin


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v13i01.5367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.