KONTRIBUSI MOTIVASI DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN ALAT UKUR TEKNIK KENDARAAN RINGAN KELAS X SMK NEGERI 2 KEBUMEN

purwadi purwadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dukungan orang tua dan asal sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Kebumen.

Penelitian menggunakan pendekatan deskripsi korelasi. Jika dilihat dari pengambilan datanya maka penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Kebumen tahun pelajaran 2011 / 2012 yang berjumlah 120 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Ganda.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 4,081 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,000, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dukungan orang tua dan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan penghitungan uji-t didapatkan thitung sebesar 3,459 sedangkan ttabel sebesar 1,98 dan nilai signifikansi (sig.)/ p-value sebesar 0,001, (3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan dukungan orang tua secara simultan terhadap prestasi belajar siswa.

Besarnya sumbangan efektif (SE) variabel bebas (X) secara simultan terhadap variabel terikat (Y) dapat dilihat dari perolehan koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,379. Hal ini mengandung pengertian bahwa variabel motivasi belajar siswa (X1), dan variabel dukungan orang tua (X2) secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 37,9%, sedangkan 62,1% (100% - 37,9%) merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti. Adapun sumbangan efektif (SE) variabel motivasi belajar siswa (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y) (SEx1) sebesar 21,1%, dan variabel dukungan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) (SEx2)  sebesar 16,8%,  . Adapun sumbangan relative (SR) variabel motivasi belajar siswa (X1) terhadap variabel prestasi belajar (Y) (SRx1) sebesar 55,6%, dan variabel dukungan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar (Y) (SRx2)  sebesar 44,4%.

Kata kunci : Motivasi, Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v1i1.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.