TINGKAT EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BIMBINGAN AKADEMIK SEBAGAI LANGKAH PERBAIKAN KARAKTER MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

bambang sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Tingkat Efektivitas Pemanfaatan Bimbingan Akademik sebagai langkah perbaikan karakter mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Bimbingan akademik meliputi bimbingan pribadi, belajar, sosial dan karir.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Subyek penelitian adalah para mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik penentuan sampel menggunakan nomogram Harry A.King sehingga diperoleh sampel berjumlah 75 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Variabel penelitian adalah tingkat efektivitas pemanfaatan bimbingan akademik oleh mahasiswa. Alat pengumpul data yaitu kuesioner yang disusun sendiri oleh peneliti. Kuesioner tingkat efektivitas pemanfaatan bimbingan akademik terdiri dari 36 item yag mencakup aspek bimbingan belajar, pribadi, sosial dan bimbingan karir. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan analisis data, mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan pribadi kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 38 mahasiswa (44,7%) dan kategori rendah berjumlah 42 mahasiswa (49%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan belajar kategori tinggi berjumlah 7 mahasiswa (8,3%), kategori sedang berjumlah 32 mahasiswa (36,5%) dan kategori rendah berjumlah 47 mahasiswa (55,3%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan sosial kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,6%), kategori sedang berjumlah 29 mahasiswa (34,3%) dan kategori rendah berjumlah 46 mahasiswa (54,1%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan karir kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%), kategori sedang berjumlah 36 mahasiswa (30,6%) dan kategori rendah berjumlah 44 mahasiswa (51,6%). Secara total pemanfaatan bimbingan akademik mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memanfaatkan bimbingan dengan kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa (11,7%), kategori sedang berjumlah 30 (35,4%) dan kategori rendah 45 mahasiswa (52,9%).

Kata kunci : Bimbingan Akademik, Karakter, Mahasiswa




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v1i1.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.