PENGARUH KINERJA GURU FASILITAS PEMBELAJARAN DAN KESELAMATAN KERJA TERHADAP KEPUASAN SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK YAYASAN PENDIDIKAN PEMBANGUNAN (YPP) PURWOREJO

Mugiono Prasetyo Mugiono Prasetyo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh  kinerja guru yang mengajar terhadap kepuasan siswa di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013. 2) Untuk mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap kepuasan siswa dalam proses pembelajaran di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja  terhadap kepuasan siswa di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013 dan, 4) Untuk mengetahui secara serentak antara pengaruh kinerja guru, fasilitas pembelajaran dan keselamatan kerja terhadap kepuasan  siswa di SMK Yayasan pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo kelas XI Teknik Mesin tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa terdiri dari 5 kelas Teknik Mesin di SMK Yayasan Pendidikan Pembangunan (YPP) Puerworejo tahun 2012/2013. Sampel berjumlah 132 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil perhitungan secara serentak diperoleh Fhitung adalah 57,472 > 2,60 sehingga kinerja guru, fasilitas pembelajaran dan keselamatan kerja secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Yayasan Pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo tahun 2012/2013. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah  0,576. Hal ini berarti bahwa besarnya sumbangan yang diberikan oleh kinerja guru, fasilitas pembelajaran dan keselamatan kerja terhadap kepuasan siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Yayasan Pendidikan Pembangunan (YPP) Purworejo tahun 2012/2013 adalah 57,6%, sedangkan sisanya 42,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Kata-kata kunci : kepuasan, kinerja , fasilitas pembelajaran,   keselamatan kerja.




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.448

Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.