PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS X TMO DI SMK MUHAMMADIYAH SEMPOR KEBUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TMO SMK Muhammadiyah Sempor Kebumen; (2) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas X TMO SMK Muhammadyah Sempor Kebumen. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaborasi dan partisipatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus kedua satu kali pertemuan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X TMO SMK Muhammadiyah Sempor. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pada model Pembelajaran Kooperatif dengan metode Think Pair Share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan metode Think Pair Share hasil belajar siswa kelas X TMO SMK Muhammadyah Sempor Kebumen meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 5,5 meningkat pada siklus II nilai rata-rata 8. Dan keaktifan siswa pada siklus I sebanyak 16 % siswa meningkat pada siklus II sebesar 35 % siswa yang mendapat skor 4 (amat baik) rata-rata pada setiap indikatornya.
Kata kunci : Metode Think Pair Share,hasil belajar
DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.