EFEKTIFITAS MEDIA ALAT PERAGA ENGINE CUTTING DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN TEKNIK SEPEDA MOTOR

Achmad Wahid Hasan Udin udin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah media peraga Engine Cutting dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami prinsip kerja mesin (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa yang didapat dalam pembelajaran setelah menggunakan media peraga Engine Cutting.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis Pretest - posttest control group design. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas X bidang keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Panca Bhakti Banjarnegara tahun ajaran 2012/2013, yang berjumlah 246 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling, dan diperoleh kelas X TKR1 sebagai kelompok kontrol dan kelas X TKR2 sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji t test.

Berdasarkan analisis data ada peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Teknik sepeda motor kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kemampuan awal siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dicari melalui pretest. Kelas eksperimen memiliki rata-rata pretest sebesar 46,55 dan kelas kontrol sebesar 47,44. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan awal dari masing-masing kelas terlihat sama. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dicari melalui posttes dan didapatkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,71 dan kelas kontrol sebesar 76,59. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media peraga Engine Cutting lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi teknik sepeda motor.

Kata-kata kunci : Efektifitaas, Media Peraga Engine Cutting, Teknik Sepeda Motor




DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v2i1.438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.