PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISTEM STARTER PADA SISWA KELAS XI TKR DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Jati prasetyo, Prasetyo, Widiyatmoko Widiyatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pembuatan media evaluasi belajar sistem starter menggunakan Adobe Captivate 2) Mendeskripsikan tahapan pengembangan media evaluasi belajar sistem starter menggunakan Adobe Captivate, 3) Mendeskripsikan responm peserta didik terhadap penggunaan media evaluasi belajar sistem starter menggunakan Adobe Captivate, 4) Mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar setelah menggunakan media sistem starter.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 dan XI TKR 3. Kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil validasi produk oleh ahli materi maupun ahli media, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian produk menunjukkan produk layak (baik) digunakan sebagai media pembelajaran.Hasil uji beda membuktikan bahwa media pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan motivasi belajar (thitung = 4,657 dan p=0,000) dan hasil belajar (uji Man Whitney p=0,029) siswa Kelas XI TKR SMK Negeri 6 Purworejo. Media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai media untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena dalam ujicoba kelompok besar dengan jumlah siswa 32 orang telah berhasil meningkatkan belajar.


Kata kunci : Media Evaluasi Belajar, Adobe Captivate, Sistem Starter


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.