Penerapan Media Pembelajaran dengan Alat Peraga Stand Sepeda Motor GL-100 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar sistem kopling di SMK Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi kompetensi Kopling kelas X TSM B di SMK Muhammadiyah Purwodadi setelah penerapan media pembelajaran stand sepeda motor GL-100.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Subyek penelitian kelas X TSM B SMK Muhamadiyah Purwodadi Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TSM B SMK Muhammadiyah Purwodadi dalam kompetensi Kopling. Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata awal 70, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 53% dan pada siklus II menjadi 81 dengan prosentase pencapaian 84%.
Kata kunci: Kata kunci: Metode Demonstrasi, Penerapan Media, Hasil belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v11i02.4317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.