PENGARUH SUMBER MEDIA INTERNET TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT SISTEM PEMINDAH TENAGA SISWA KELAS XI TEKHNIK KENDARAAN RINGAN A SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN 2016/2017
Abstract
Penelitian Penelitian ini bertujuan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
sumber belajar internet terhadap minat dan prestasi belajar pada mata pelajaran sistem
pemindah tenaga kelas XI TKR SMK Cipta Karya prembun Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang menguji
hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan-perlakuan tertentu karena sesuatu sebab
untuk memberikan perlakuan atau manipulasi.Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI TKR di SMK Cipta Karya Prembun sebanyak 94 siswa. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, diperoleh sampel sebanyak 75
siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode
angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas serta
metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian analisis
regresi linear sederhana.Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu
teknik angket atau kuisioner dan teknik dokumentasiHasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ; (1) terdapat pengaruh yang signifikan sumber media belajar internet terhadap
minat belajar siswa kelas XI TKR di SMK Cipta Karya Prembun yang ditunjukkan dengan
nilai thitung > ttabel yaitu; 16,514 >1,992, (2) terdapat pengaruh yang signifikan sumber
media belajar internet terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Cipta Karya
Prembun yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu; 8,951>1,992.
Kata kunci: Sumber media belajar internet, minat belajar, prestasi belaja
sumber belajar internet terhadap minat dan prestasi belajar pada mata pelajaran sistem
pemindah tenaga kelas XI TKR SMK Cipta Karya prembun Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yaitu penelitian yang menguji
hipotesis, tetapi tidak memberikan perlakuan-perlakuan tertentu karena sesuatu sebab
untuk memberikan perlakuan atau manipulasi.Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas XI TKR di SMK Cipta Karya Prembun sebanyak 94 siswa. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik probability sampling, diperoleh sampel sebanyak 75
siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode
angket yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas serta
metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian analisis
regresi linear sederhana.Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu
teknik angket atau kuisioner dan teknik dokumentasiHasil penelitian ini menunjukkan
bahwa ; (1) terdapat pengaruh yang signifikan sumber media belajar internet terhadap
minat belajar siswa kelas XI TKR di SMK Cipta Karya Prembun yang ditunjukkan dengan
nilai thitung > ttabel yaitu; 16,514 >1,992, (2) terdapat pengaruh yang signifikan sumber
media belajar internet terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR di SMK Cipta Karya
Prembun yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel yaitu; 8,951>1,992.
Kata kunci: Sumber media belajar internet, minat belajar, prestasi belaja
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v10i01.3927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.