PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH KOMPETENSI PEMELIHARAAN SISTEM TANDA DAN PENERANGAN KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SAPURAN

Riyadi Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk menciptakan sebuah media pembelajaran
interaktif Macromedia Flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan
penerangan kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, 2) untuk
mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash
pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan kendaraan ringan di SMK
Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, 3) untuk mengetahui tanggapan dan
peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaaan media pembelajaran interaktif
macromedia flash pada kompetensi pemeliharaan sistem tanda dan penerangan
kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Subjek dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas X TKR SMK Negeri 1 Sapuran. Instrumen pengumpulan data
berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji beda (uji t).
Hasil validasi produk oleh 1) ahli media diperoleh persentase 87,5 % (valid), 2)
validasi ahli materi diperoleh persentase 90 % (valid), 3) uji coba kelompok kecil 84,5%
(valid), dan 4) uji coba kelompok besar diperoleh persentase 83,30% (valid). Berdasarkan
hasil uji prasyarat analisis, menunjukkan bahwa data yang diperoleh adalah kriteria
normal dan homogen, sedangkan hasil uji t perbandingan rata-rata posttest hasil belajar
kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig(2-
tailed) <0,05 menunjukkan bahwa hasil belajar posttest dari kelas eksperimen dan
kontrol terdapat perbedaan yang signifikan, artinya nilai rata-rata hasil belajar kelas
eksperimen lebih tinggi yaitu 85,4091, dibandingkan dengan kelas kontrol yang
memperoleh nilai 67,8095. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran
interaktif macromedia flash yang dikembangkan termasuk dalam kriteria layak dan
efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan sistem
tanda dan penerangan kendaraan ringan.


Kata kunci : Media, Pembelajaran, Interaktif, dan Macromedia Flash


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v10i01.3923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.