PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR OTOMOTIF MENGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK N 1 PURWOREJO
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif Menggunakan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di SMK N 1 Purworejo. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Researd and Development). Sebagai subyek adalah siswa kelas X TKR SMK N 1 Purworejo tahun pelajaran 2015/ 2016, yang berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini ada bebarapa proses pengembangan dapat dilihat terdapat beberapa tahapan yaitu: Pembuatan konsep media yang bertujuan untuk menjelaskan cara kerja dan fungsi bagian TLDO, perancangan tampilan media pembelajaran macromedia flash yang brtujuan memberikan animasi yang jelas dan menarik pada tampilan media pembelajaran. Dan disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran TLDO dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas X TKR SMKN 1 Purworejo. Hal ini terlihat dari hasil angket minat belajar siswa kontrol sebesar 67,46% dengan menggunakan pembelajaran model ceramah dan kelas eksperimen sebesar 74.49% setelah menggunakan pembelajaran dengan Macromedia flash. Sehingga model pembelajaran dengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang mengupayakan peningkatan minat belajar siswa.Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, Macromedia Flash, minat belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v9i1.3379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.