PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN LATAR BELAKANG GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK N 8 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Peneltitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengalaman mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 8 Purworejo kelas XI Teknik Sepeda Motor tahun 2014/2015; 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latar belakang guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 8 Purworejo kelas XI Teknik Sepeda Motor tahun 2014/2015 dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pengalaman mengajar dan latar belakang guru terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 8 Purworejo kelas XI Teknik Sepeda Motor tahun 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa terdiri dari 2 kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK N 8 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi nilai siswa. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil perhitungan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman mengajar terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan perolehan t taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara latar belakang guru terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan perolehan t signifikan pada taraf signifikasi 5% sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Variabel latar belakang guru mempengaruhi prestasi belajar siswa lebih besar dibandingkan variabel pengalaman mengajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK N 8 Purworejo tahun ajaran 2014/2015.Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara serentak pengalaman mengajar dan latar belakang guru terhadap prestasi belajar siswa diperoleh 4,025 dengan p= 0,01 pada df = 2 dan df = 7. Karena p<0.05 menunjukan nilai F taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga latar pengalaman mengajar dan latar belakang guru secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK N 8 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Nilai koefisien determinasi (R ) adalah adalah 0,617. Hal ini berarti bahwa besarnya sumbangan yang diberikan oleh pengalaman mengajar dan latar belakang guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK N 8 Purworejo tahun ajaran 2014/2015 adalah 61,70%, sedangkan sisanya 38,30% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. sebesar 2,337 dengan p= 0,001. Karena p<0.05 menunjukan niai t signifikan pada hitung hitung sebesar 2,79 dengan p= 0,03. Karena p<0.05 menunjukan nilai t hitung hitung tersebut signifikan pada hitung 2 Kata-kata kunci : prestasi belajar, pengalaman mengajar, latar belakang guru
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2804
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.