MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR KOMPETENSI MOTOR STARTER DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING KELAS XI TKR A SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Fatkhurohman Fatkhurohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa pada kompetensi dasar motor starter dengan metode Problem Based Learning siswa kelas XI TKR A SMK Ma’rif 4 Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XI TKR A SMK Ma’arif 4 Kebumen yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi dan metode tes. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Rata-rata hasil lembar observasi kemandirian belajar pada kondisi awal yaitu 59,85% (60%), lembar observasi pada siklus I menjadi 72,10 %, dan pada siklus II menjadi 81,94% (82%). Kemudian rata-rata nilai pada kondisi awal tes teori nilai yang diperoleh yaitu 71,15 setelah dilaksanakan siklus I naik menjadi 81,58 dan pada akhir siklus II naik menjadi 86,61.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kemandirian belajar dengan ditandai meningkatnya prestasi belajar. Kata Kunci :Kemandirian belajar, prestasi belajar, motor starter, problem based learning

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.