PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL PRAKTIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PRODI MEKANIK OTOMOTIF KELAS XI DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

Daryono Daryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keadaan sarana dan prasarana bengkel praktik (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negri 1 Nganjuk (3) Ada tidaknya pengaruh sarana dan prasarana bengkel praktik terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif- korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Nganjuk dengan teknik pengambilan Random Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak
30 siswa. Pengumpulan data untuk penelitian ini adalah dengan cara (1) Angket, (2) Observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif, setelah itu hasil angket tentang sarana dan prasarana bengkel praktik dan motivasi belajar siswa, data dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi antara kedua variable tersebut. Dari hasil perhitungan dengan angka korelasi dengan df 30, diperoleh r tabel pada taraf 5% signifikasi sebesar 0,361. Ternyata rxy atau ro (0,602) adalah lebih besar dari r tabel, maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Berarti terdapat korelasi/pengaruh positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan/pengaruh yang sedang atau cukup antara variabel sarana dan prasarana
bengkel praktik dengan variabel motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1
Nganjuk yaitu sebesar 36,24 %.
Kata Kunci: Sarana dan prasarana, bengkel praktik, motivasi belajar.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.