PENGARUH MOTIVASI, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISTEM KOPLING SISWA KELAS XI SMK CIPTA KARYA PREMBUN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Bagus Budiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dalam materi sistem kopling pada siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dalam dalam materi sistem kopling pada siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015, dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar dalam materi sistem kopling pada siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto Research, dan bersifat kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun sebanyak 96 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara Simple Random Sampling dengan cara pengambilan anggota sample dari populasi secara acak tanpa memperhatikan stara yang ada dalam populasi itu dengan jumlah sampel sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesis dengan menggunakan teknik regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasisiswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK SMK Cipta Karya Prembun Kebumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12.296>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (0,001<0,05)., 2) Ada pengaruh positif dan signifikan fasilitas terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (11.469>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,002, yang berarti kurang dari 0,05 (0,002<0,05). dan 3) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi siswa dan fasilitas terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun Kebumen. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 atau 32,60%. Hasil ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh variabel motivasi siswa dan fasilitas sebesar 32,60%, sedangkan sisanya sebesar 67,40% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ditelit seperti minat belajar fasilitas belajar dan masih banyak lainya.
Kata Kunci: motivasi siswa, fasilitas, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.