PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VIDEO OVER HAUL (OH) SEPEDA MOTOR MATIC KELAS XI TSM DI SMK PN 2 PURWOREJO

Arief Yuli Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo, untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran audio video over haul (OH) sepeda motor matic pada kelas XI TSM di SMK PN2 Purworejo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM A SMK PN2 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 73,67 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,00. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran audio video over haul sepeda motor matic dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK PN 2 Purworejo.
Kata Kunci : Media pembelajaran, audio video, sepeda motor.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.