PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TKR SMK NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN 2014/2015

Ali Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin siswa kelas XI program studi TKR SMK Negeri 4 Purworejo, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin siswa kelas XI program studi TKR SMK Negeri 4 Purworejo, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin siswa kelas XI program studi TKR SMK Negeri 4 Purworejo Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa dari SMK Nawa Bhakti Kebumen. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 48 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan Nomogram Hary King. Data bersumber dari dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS 19.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran sistem pendingin kelas XI di SMK Negeri 4 Puworejo. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12.296>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (0,001<0,05), 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem pendingin XI SMK Negeri 4 Puworejo. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (11.469>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,002, yang berarti kurang dari 0,05 (0,002<0,05), 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kedisiplinan siswa dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem pendingin kelas XI SMK Negeri 4 Puworejo. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R ) sebesar 0,326 atau 32,60%. Hasil ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh variabel kedisiplinan siswa dan motivasi sebesar 32,60%, sedangkan sisanya sebesar 67,40% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2 Kata Kunci: kedisiplinan siswa, motivasi, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.