Tohirin
Abstract
Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI
Pada Sub Kompetensi Perbaikan / Servis Engine Tune Up Motor Bensin Konvensional di SMK
Ma’arif NU Paguyangan. Skripsi. Fakultas Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas
Muhammadiyah Purworejo 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) Perbedaan minat belajar siswa sebelum dan
sesudahpembelajaran pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen; (2) Perbedaan minat belajar
antara siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan
siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi; (3) Bagaimana
prosedur penerapan metode pembelajaran demonstrasi.
Desain penelitian adalah eksperimen, karena penelitian ini melakukan perlakuan atau manipulasi
variabel. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI TKR I dan TKR 2 yang jumlahnya masing –
masing kelas 28 siswa, penggambilan sample menggunakan teknik proportionate stratified
rendom sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen di
analisis dengan menggunakan kolerasi product moment dari pearson. Sedangkan teknik analisis
data menggunakan regresi sederhana. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Posttest
only Control Group Design.
Berdasarkan hasil uji r diperoleh r hitung = 0,398 > r tabel = 0,388 sehingga dapat diambil
kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan. Adapu uji t menghasilkan t hitung = 11,43 > t tabel
2,052. Hal tersebut didukung dengan analisis data regresi diperoleh r adalah 0,398 jika
dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi product moment, maka terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran demonstrasi (X) terhadap
minat belajar siswa kelas XI (Y), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
sebesar 15 % sedangkan 85 % ditentukan faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan hipotesis
penelitian diterima.
Kata kunci: Metode pembelajaran demonstrasi, minat belajar.
Pada Sub Kompetensi Perbaikan / Servis Engine Tune Up Motor Bensin Konvensional di SMK
Ma’arif NU Paguyangan. Skripsi. Fakultas Pendidikan Teknik Otomotif. Universitas
Muhammadiyah Purworejo 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : (1) Perbedaan minat belajar siswa sebelum dan
sesudahpembelajaran pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen; (2) Perbedaan minat belajar
antara siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dengan
siswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran demonstrasi; (3) Bagaimana
prosedur penerapan metode pembelajaran demonstrasi.
Desain penelitian adalah eksperimen, karena penelitian ini melakukan perlakuan atau manipulasi
variabel. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI TKR I dan TKR 2 yang jumlahnya masing –
masing kelas 28 siswa, penggambilan sample menggunakan teknik proportionate stratified
rendom sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen di
analisis dengan menggunakan kolerasi product moment dari pearson. Sedangkan teknik analisis
data menggunakan regresi sederhana. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Posttest
only Control Group Design.
Berdasarkan hasil uji r diperoleh r hitung = 0,398 > r tabel = 0,388 sehingga dapat diambil
kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan. Adapu uji t menghasilkan t hitung = 11,43 > t tabel
2,052. Hal tersebut didukung dengan analisis data regresi diperoleh r adalah 0,398 jika
dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien korelasi product moment, maka terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran demonstrasi (X) terhadap
minat belajar siswa kelas XI (Y), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
sebesar 15 % sedangkan 85 % ditentukan faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan hipotesis
penelitian diterima.
Kata kunci: Metode pembelajaran demonstrasi, minat belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.