PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM REM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK YEPEKA PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa SMK YEPEKA terhadap
pembelajaran sistem REM. Hal ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran
untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Meningkatkan minat belajar dengan
memanfaatkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah RnD (researd and
Development). Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TKR SMK YEPEKA Purworejo, yang berjumlah
15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode, angket dan tes. Setelah
data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran
sistem REM dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKR A SMK YEPEKA. Hal ini terlihat
dari hasil angket minat belajar siswa sebesar 62,75%. Sementara itu tes hasil belajar siswa
sebesar 86,67. Peningkatan minat belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar. Rata-rata nilai siswa 74,62 dengan ketuntasan 93,33%. Sehingga model pembelajaran
dengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang
mengupayakan peningkatan minat serta hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, minat belajar.
pembelajaran sistem REM. Hal ini ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa selama proses
pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran
untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Meningkatkan minat belajar dengan
memanfaatkan media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan ialah RnD (researd and
Development). Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TKR SMK YEPEKA Purworejo, yang berjumlah
15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode, angket dan tes. Setelah
data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam pembelajaran
sistem REM dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI TKR A SMK YEPEKA. Hal ini terlihat
dari hasil angket minat belajar siswa sebesar 62,75%. Sementara itu tes hasil belajar siswa
sebesar 86,67. Peningkatan minat belajar siswa ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar. Rata-rata nilai siswa 74,62 dengan ketuntasan 93,33%. Sehingga model pembelajaran
dengan media pembelajaran digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran yang
mengupayakan peningkatan minat serta hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran, minat belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.