MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN INKUIRI DI KELAS XI SMK JAKARTA I TAHUN PELAJARAN 2014/1015

Gessa Reskibara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran motor bensin
melalui pendekatan inkuiri kelas XI SMK Jakarta I. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes. Dari hasil penelitian ini
disimpulkan bahwa, pada siklus I pengamatan difokuskan pada masalah selama tindakan dan hasil
belajar siswa. Masalah yang muncul pada siklus I yaitu (a) beberapa siswa belum aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran; (b) banyaknya siswa yang masih bingung dalam penarikan
hipotesis dan pencarian informasi. Pada sklus II siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran,
dan masalah pada siklus I tidak muncul pada siklus II. Hasil evaluasi pembelajaran pada siklus I
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74.9 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 90, pada
siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83 dengan nilai terendah 67 dan nilai tertinggi 97.
Peningkatan hasil belajar siswa dari observasi awal sampai dilakukan siklus I meningkat dari 45%
menjadi 69.95% dan pada siklus II meningkat menjadi 78.75%.
Kata kunci : Pendekatan Inkuiri, Hasil Belajar
PENDAHULUAN
Pendidikan

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.