PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA BATERAI DI SMKN 1 WADASLINTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengembangan media audio visual pembelajaran pada
mata pelajaran memelihara baterai (2) pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap
minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Wadaslintang. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa
SMK Negeri 1 Wadaslintang yang mendapat materi teknik dasar listrik otomotif. Siswa kelas X TKR
1 dan kelas TKR 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research & development dengan
sempel dua kelas, X TKR 1 sebagai kelas control dan X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data menggunakan instrument angket
tanggapan ahli meningkatkan minat dan angket tanggapan tentang media pembelajaran yang
digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan media pembelajaran pada proses
pembelajaran terdapat perbedaan hasil minat belajar siswa SMK Negeri 1 Wadaslintang siswa
yang menggunakan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang diajarkan dengan media
konvensianal setelah diberi perlakuan. Melalui angket yang diberikan hasil yang diperoleh adalah
dengan rata-rata kelas kontrol 55,62% dan kelas eksperimen 72,55%. Dengan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa terjadi setelah menggunakan media
pembelajaran audio visual.
Kata kunci: media pembelajaran audio visual, minat belajar siswa
mata pelajaran memelihara baterai (2) pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap
minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Wadaslintang. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa
SMK Negeri 1 Wadaslintang yang mendapat materi teknik dasar listrik otomotif. Siswa kelas X TKR
1 dan kelas TKR 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research & development dengan
sempel dua kelas, X TKR 1 sebagai kelas control dan X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dengan
jumlah 35 siswa untuk masing-masing kelas. Pengumpulan data menggunakan instrument angket
tanggapan ahli meningkatkan minat dan angket tanggapan tentang media pembelajaran yang
digunakan. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan media pembelajaran pada proses
pembelajaran terdapat perbedaan hasil minat belajar siswa SMK Negeri 1 Wadaslintang siswa
yang menggunakan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang diajarkan dengan media
konvensianal setelah diberi perlakuan. Melalui angket yang diberikan hasil yang diperoleh adalah
dengan rata-rata kelas kontrol 55,62% dan kelas eksperimen 72,55%. Dengan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa peningkatan minat belajar siswa terjadi setelah menggunakan media
pembelajaran audio visual.
Kata kunci: media pembelajaran audio visual, minat belajar siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2294
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.