PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN KONVENSIONAL DALAM MATA PELAJARAN DASAR OTOMOTIF SEPEDA MOTOR PADA SISWA KELAS X JURUSAN SEPEDA MOTOR DI SMK MA’ARIF NU 01 BUMIAYU BREBES

Alif Suseno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan
model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor
pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SmkMa’arifNu 01 Bumiayu Brebes, dan (2) mengetahui
perbedaan hasil belajar dengan metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan Konvensional
dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor
SMK Ma’arif Nu 01 Bumiayu Brebes.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain trueexperimental dengan pretestposttestcontrolgroupdesign.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program
Keahlian Otomotif SMK Ma’arifNu 01 Bumiayu Brebes tahun pelajaran 2013/2014. Teknik
sampling yang digunakan pada penelitian ini adalahcluster-random sampling. Adapun yang
dimaksudkan sebagai klaster adalah kelas pada sekolah. Kelas yang terpilih sebagai sampel
penelitian adalah kelas X MTR A sebagai kelas eskperimen dan kelas X MTR C sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yang dilakukan
adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan, serta uji
hipotesis dengan Uji-T Sampel Berkorelasi (Pairedt-Test) dan Uji-T Sampel Independen
(Independent t-Test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar setelah penerapan model
pembelajaran Kooperatif tipe TGT dalam mata pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada
siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SmkMa’arifNu 01 Bumiayu Brebes, dan ada perbedaan hasil
belajar dengan metode pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan Konvensional dalam mata
pelajaran Dasar Otomotif Sepeda Motor pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor SmkMa’arifNu
01 Bumiayu Brebes. Dengan kata lain, penggunaan metode pembelajaran Kooperatif tipeTeams
Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X jurusan Sepeda Motor di SmkMa’arifNu 01 Bumiayu
Brebes tahun pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: hasil belajar, Dasar Otomotif Sepeda Motor

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.