KEEFEKTIFAN METODE ACQ LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM BATERAI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SAPURAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa yang diajar denganmetode ACQ Learning pada materi sistem baterai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasX kompetensi keahlian Teknik Mekanik Otomotif tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dariTeknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Sampel dalam penelitian iniberjumlah 58 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yangdigunakan adalah sampling random. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes.Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan ujihomogenitas variansi menggunakan uji Bartlett. Dengan diperoleh sampel berasal daripopulasi yang berdistribusi normal dan variansi sampelnya sama. Uji hipotesis menggunakan uji tdengan , perhitungan uji hipotesis dilakukan satu kali. Hipotesis menunjukkan tobs sebesar -6,858 lebih kecil dari ttabel sebesar -1,703 sehingga H0 ditolak ini berarti metode ACQ Learninglebih efektif dari pada metode konvensional dalam meningkatkan prestasi belajar siswa padamateri sistem baterai Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran 2013/2014..Kata kunci: metode ACQ Learning, metode Konvensional, Prestasi Belajar, sistem baterai.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.