PENINGKATAN HASIL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN DASARDASAR KELISTRIKAN (DDK) DI SMK MA'ARIF 1 WATES KULON PROGO TAHUN 2013/2014

Ipnugraha Ipnugraha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan kemandirian belajar siswa pada matapelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan (DDK) siswa kelas I Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 2 (dua)siklus. Seting penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Dasar- Dasar Kelistrikan (DDK).Penelitian ini di laksanakan di kelas I pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 pada bulanJuli sampai September 2013. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas I TITL, yangberjumlah 32 orang dan pengampu mata pelajaran tersebut. Prosedur (1) perencanaan(planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) observasi (observation), dan (4) reflkesi(reflection) dalam setiap siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan angket, catatan lapangan,lembar observasi, dan dokumentasi. Untuk memperoleh data penelitian, disusun dua perangkatpembelajaran dan empat instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelahmengikuti pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching, 100% peserta didik telahmencapai nilai sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individual maupunklasikal. Kemandirian belajar peserta didik dikategorikan baik.Kata kunci: reciprocal teaching, kemandirian belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.