PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LATAR BELAKANG KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK MOTOR STARTER SISWA KELAS XI TKR DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Binuko Pambagyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah ada pengaruh minat belajar terhadap prestasibelajar praktik motor starter, apakah ada pengaruh latar belakang keluarga terhadap prestasipraktik motor starter, apakah ada pengaruh minat belajar dan latar belakang keluarga secarabersama-sama terhadap prestasi belajar praktik motor starter siswa kelas XI SMK Ma’arif 1kebumen. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto , karena para peneliti berhubungandengan variabel yang telah terjadi dan mereka tidak perlu memberikan perlakuan terhadapvariabel yang diteliti. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Populasi dalampenelitian ini sebanyak 200 siswa terdiri dari 5 kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Ma’arif 1Kebumen. Sampel berjumlah 127 siswa dengan teknik Proporsional Random Sampling. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Data-data yangdiperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil analisis regresi berganda diperolehkoefisien regresi variabel minat belajar sebesar 0,596. Setelah dilakukan uji signifikansi koefisienregresi menggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 7,255 dengan p=0,000. Karena p<0,05menunjukkan hipotesis pertama yang berbunyi ada hubungan yang positif antara minat belajardengan prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1 Kebumen TahunPelajaran 2014/2015 diterima. Hasil analisis regresi berganda diperoleh koefisien regresi variabellatar belakang keluarga sebesar 0,416. Setelah dilakukan uji signifikansi koefisien regresimenggunakan uji t diperoleh t hitung sebesar 5,502 dengan p=0,000. Karena p<0,05 menunjukkanhipotesis kedua yang berbunyi ada hubungan yang positif dan signifikan antara latar belakangkeluarga dengan prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima. Perhitungan analisis regresi ganda diperoleh Fhitung sebesar 39,913 dengan p=0,000. Karena p<0,05 menunjukkan hipotesis ketiga yangberbunyi ada hubungan yang positif antara minat belajar dan latar belakang keluarga secarabersama-sama terhadap prestasi belajar Praktik Motor Stater siswa kelas XI TKR di SMK Ma’arif 1Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima.Kata kunci: Minat Belajar, Latar Belakang Keluarga, Prestasi Belajar Praktik Motor Starter

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i1.1865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.