PENERAPAN METODE PQ4R UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sistem pendingin melalui penerapan metode PQ4R di SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR C yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi . Data di analisis menggunakan persentase motivasi belajar siswa, hasil observasi/pengamatan dan presentase ketuntasan klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar siswa sebelum dikenai tindakan adalah 53% pada siklus 1 adalah 63% dan pada siklus II adalah 78%, sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum dikenai tindakan adalah 44% dengan nilai rata-rata 68 pada siklus I adalah 63% dengan nilai rata-rata 75 dan pada siklus II adalah 80% dengan nilai rata-rata 80.
Kata kunci: Metode belajar PQ4R, motivasi belajar, sistem pendingin.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v4i2.1305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.