PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM UPAYA PENINGKATAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM PELUMASAN KELAS XI SMK HASYIM ASY’ARI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan meningkatkan kerjasama belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran perbaikan sistem pelumasan kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo yang berjumlah 24 siswa. Data diperoleh melalui pengamatan dengan menggunakan lembar observasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran perbaikan sistem pelumasan dapat meningkatkan kerjasama belajar siswa kelas XI SMK Hasyim Asy’ari Purworejo, yaitu dari 57,5% pada pra siklus menjadi 64,17% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,67% pada siklus II. Dengan demikian terjadi peningkatan kerjasama belajar siswa sebesar 6,67% dari pra siklus ke siklus I, dan sebesar 17,5% dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci : Kerjasama, Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Full Text:
XMLDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v3i1.1018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.