PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peningkatan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa melalui metode bermain peran pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Kutowinangun Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar obsevasi,angket dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis data yang telah dikemukakan, (1) hasil pengamatan aktivitas siswa pada tahap prasiklus ke siklus I nilai rata-rata meningkat dari 42,1 menjadi 65,1 terjadi peningkatan sebesar 23, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,9 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,8. Sedangkan dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 34,8, sehingga pada siklus II 76,9; (2) hasil belajar siswa pada prasiklus memiliki ketuntasan 47,7% dengan nilai rata-rata 65,1. Pada siklus II memiliki ketuntasan 100%, dengan nilai rata-rata 76,9. Dengan begitu antar pra siklus dengan siklus I dengan siklus II mengalami peningkatan ketuntasan 47,7%. Ketuntasan siklus I dengan II yaitu 52,3%. Hal ini menunjukan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa.
Kata kunci : Keterampilan, Berbicara Bahasa Jawa, Bermain Peran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.