PENINGKATAN KEMAMPUAN SESORAH INFORMATIF DENGAN METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap: (1) bagaimana langkah-langkah pembelajaran sesorah informatif menggunakan metode pemodelan? (2) adakah peningkatan kemampuan dalam sesorah informatif menggunakan metode pemodelan? (3) bagaimanakah perubahan perilaku belajar pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Purwareja Klampok setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pemodelan “sesorah informataif”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Klampok yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan nontes. Insrtrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa lembar tes, pedoman observasiuntuk siswa, lembar kegiatan belajar mengajar, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran dilakukan dalam tiga tahap, yaituu prasiklus, siklus I, siklus II dengan menggunakan metode pemodelan bertema “sesorah informatif” dalam meningkatkan kemampuan berpidato; (2) pengaruh metode pemodelan terhadap aktivitas belajar siswa pada prasiklus mencapai 65,3%, siklus I 72,2%, dan siklus II 86,7%; (3) peningkatan kemampuan berpidato tahap prasiklus rata-rata 62,97, siklus I 71,19, dan siklus II 81,84 .
Kata kunci: peningkatan pidato informatif menggunakan metode pemodelan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.