KEEFEKTIFAN TEKNIK CLUSTERING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS WACANA DESKRIPSI BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS X MAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan menggunakan teknik clustering dalam pembelajaran menulis wacana deskripsi Bahasa Jawa pada siswa kelas X MAN Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 62 siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan data dengan instrumen tes dan non tes. Peneliti memberikan pre-test, perlakuan, dan post-test pada semua sampel. Untuk analisis data, peneliti menggunakan t-test. Hasil dari penelitian ini didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 73.71>70.81. Sedangkan hasil dari t-test dalam penelitian ini adalah 5.58. Berdasarkan taraf signifikan 5% atau 0.05, nilai dari t-tabel adalah 1.84. Hal ini menunjukkan hasil t-test lebih tinggi daripada t-tabel yaitu 5.58>1.84. Ini berarti pembelajaran kemampuan menulis wacana deskripsi Bahasa Jawa menggunakan teknik clustering lebih efektif dan memberikan peranan posistif dalam keterampilan menulis wacana deskripsi Bahasa Jawa siswa kelas X MAN Purworejo tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: teknik clustering, keterampilan menulis, wacana deskripsi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.