PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY STRATEGY PADA SISWA KELAS X TKJ A SMK TARUNA ABDI BANGSA MIRIT KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Imam Syaifudin

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca aksara Jawa dengan menggunakan model pembelajaran discovery strategy. Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam pembelajaran membaca aksara Jawa menggunakan model discovery strategy adalah simulation, problem statement, data collection, data processing, verification dan generalization. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dengan tiga siklus ini dilaksanakan di SMA Taruna Abdi Bangsa Mirit mulai bulan Maret sampai bulan Juli 2013 dengan objek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ A yang berjumlah 22 siswa. Masing-masing siklus mengacu pada prosedur penelitian yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif prosentase. Nilai rata-rata dan prosentase hasil belajar kognitif siswa pada siklus I sebesar 73 dan 72,7%, siklus II  sebesar 77 dan 86,4% meningkat menjadi 84 dan 100% pada siklus III. Nilai rata-rata dan prosentase hasil belajar afektif siswa pada siklus I sebesar 68 dan 40,9%, siklus II  sebesar 80 dan 77,3% meningkat menjadi 82 dan 95,5% pada siklus III. Nilai rata-rata dan prosentase hasil belajar psikomotorik siswa pada siklus I sebesar 64 dan 31,8%, siklus II  sebesar 71 dan 40,9% meningkat menjadi 78 dan 95,5% pada siklus III. Nilai rata-rata dan prosentase keterampilan membaca aksara Jawa siswa pada siklus I sebesar 76 dan 86,4%, siklus II  sebesar 80 dan 95,5% meningkat menjadi 88 dan 100% pada siklus III.

 

Kata kunci : membaca ,  discovery strategy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.