PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA WACANA BERAKSARA JAWA SISWA SMA N 1 WADASLINTANG TAHUN AJARAN 2012 2013

Wah idin

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu (Quasy Eksperiment). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan membaca wacana beraksara Jawa siswa kelas X SMA N 1 Wadaslintang tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan model pembelajan kooperatif tipe CIRC lebih baik dari pada model pembelajaran ceramah. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei sampai bulan Juni 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Wadaslintang yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 126 siswa. Sampel dalam penelitian untuk kelas kontrol adalah siswa kelas X.1 sedangkan untuk kelas eksperimen adalah siswa  X.2. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Terpilih sebagai kelompok uji coba soal instrumen adalah siswa kelas X.4 dimana soal tersebut berjumlah 40. Dari hasil perhitungan validitas item soal diperoleh soal yang diterima berjumlah 30 soal, sedangkan reliabilitasnya adalah 0,805 termasuk reliabilitas tinggi. Pengambilan data penelitian menggunakan metode tes dan pengamatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t pihak kanan. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kemampuan prestasi belajar siswa pada kelompok eksperimen sebesar 82,27 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 78,89.  Dari hasil uji statistik menggunakan uji t pihak kanan diperoleh tobservasi= 2,314. Dengan dk = 51 dan = 5%  diperoleh nilai ttabel= 1,645. Karena tobservasi > ttabel yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca wacana beraksara Jawa siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran tipe CIRC lebih baik dari pada  siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ceramah pada siswa kelas X SMA N 1 Wadaslintang Tahun Ajaran 2012 / 2013. Untuk itu disarankan agar menggunakan model pembelajaran CIRC sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa jawa di sekolah.

 

Kata kunci : CIRC, membaca, wacana beraksara jawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.