PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PENGALAMAN PRIBADI DENGAN TEKNIK PETA KONSEP SISWA KELAS VIII A MTs AL-MU’MIN SEMBIRKADIPATEN KEBUMEN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) langkah-lang-kah pembelajaran berbicara pengalaman pribadi dengan peta konsep; (2) pengaruh peta konsep terhadap aktivitas belajar; dan (3) peningkat-an keterampilan berbicara pengalaman pribadi siswa kelas VIIIA Mts Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Jawa MTs Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, observasi, rekaman, dan penilaian berbica-ra. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran berbicara pengalaman pribadi dengan teknik peta konsep siswa kelas VIII A MTs Al-Mu’min Sembirkadipaten Kebumen terdiri dari lima pertemu-an, yaitu pratindakan satu pertemuan, siklus I dua pertemuan, dan siklus II dua pertemuan. Peningkatan aktivitas belajar, terlihat dari siswa yang lebih konsentrasi, antusias, aktif bertanya, dan aktif memberikan penilai-an terhadap teman. Peningkatan pada produk pembelajaran, dapat dili-hat dari perolehan rata-rata skor siswa. Pada tahap pratindakan nilai ra-ta-rata siswa 57,3. Pada siklus I hasil mencapai 62,6, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,8. Dengan demikian, pembelajaran keterampilan berbicara pengalaman pribadi siswa kelas VIII A MTs Al-Mu’min Sembir-kadipaten Kebumen mengalami peningkatan, baik secara proses mau-pun hasil setelah diberi tindakan dengan teknik peta konsep.
Kata kunci: peningkatan, berbicara, peta konsep
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.