Nilai Pendidikan Moral dalam Roman Kasetyaning Wanita Karya Drs. Soetarno Boedisoesetya
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam roman Kasetyaning Wanita; dan (2) nilai pendidikan moral yang terdapat dalam roman Kasetyaning Wanita. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah roman Kasetyaning Wanita karya Drs. Soetarno Boedisoesetya. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari roman Kasetyaning Wanita karya Drs. Soetarno Boedisoesetya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan teknik simak catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik keabsahan data menggunakan teknik perpanjang pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Teknik analisis data menggunakan “content analysis” atau analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian dan pembahasan data menunjukkan bahwa (1) unsur intrinsik roman Kasetyaning Wanita karya Drs. Soetarno Boedisoesetya terdiri dari: (a) tema adalah pengabdian dan kesetiaan istri untuk mempertahankan keutuhan keluarga, (b) Tokoh utama Budisusetya; tokoh tambahannya yaitu Suharsih, Srijanah, Pak Suwalip, Sunarta, Suharti, Anie, Inspektur Polisi Slamet, Jaka. (c) Alur yang digunakan adalah alur maju. (d) Latar yang terdapat dalam roman Kasetyaning Wanita meliputi: latar tempat, latar waktu dan latar suasana. (e) Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga “dia” serba tahu. (2) nilai pendidikan moral terdiri dari nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia dalam lingkup sosial dan dengan lingkungan alam, dan nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan.
Kata Kunci : nilai pendidikan moral, Kasetyaning Wanita.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.