ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM SULUK SUKSMA LELANA KARYA RADEN NGABEHI RANGGAWARSITA

Priska Tias Deswari

Abstract


Deswari, Priska Tias. 2011, “Nilai Pendidikan Moral Dalam Suluk Suksmalelana Karya Raden Ngabehi Ranggawarsita (Tinjauan Struktural Sastra)” (Skripsi). Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Penelitian ini membahas permasalahan pokok, yaitu: 1) Apa sajakah jenis nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita? 2) Bagaimanakah relevansi nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita dengan kehidupan masa sekarang? 3) Bagaimanakah struktur cerita yang terdapat dalam Suluk Suksma Lelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan moral dan mengetahui struktural sastra serta menemukan jenis-jenis nilai pendidikan moral yang terkandung dalam Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis konten atau analisis isi, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari objek penelitian, yaitu Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita yang diterbitkan oleh Paheman Radya Pustaka Surakarta pada tahun 1970. Subjek dalam penelitian ini adalah naskah Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Objek dari penelitian ini adalah nilai pendidikan moral (tinjauan struktural sastra) yang terkandung dalam naskah Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Data penelitian ini diperoleh dari Suluk Suksmalelana karya Raden Ngabehi Ranggawarsita.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya struktural sastra, yang meliputi: 1)Tema, 2) Tokoh dan penokohan, 3) Alur, 4) Latar, dan adanya nilai pendidikan moral, yaitu: 1) Nilai pendidikan moral hubungan antara manusia dengan Tuhan, meliputi: a) Percaya pada Kekuasaan dan Keagungan Tuhan, b) Percaya pada takdir Tuhan, c) Percaya pada Sifat-sifat baik Tuhan, d) Memohon ampunan pada Tuhan, 2) Nilai pendidikan moral hubungan antara manusia dengan sesama manusia, meliputi: a) Moralitas anak terhadap orang tua yaitu mematuhi perintah orang tua dengan mengabulkan keinginan orang tua, sayang dan patuh pada orang tua, b) Moralitas guru dengan memberikan nasihat kepada pengikut atau muridnya. 3) Nilai pendidikan moral hubungan antara manusia dengan alam sekitar. 4) Relevansi nilai moral dengan kehidupan sekarang.

 

Kata kunci: Struktural, Nilai Pendidikan Moral


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.