PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDISKUSI BAHASA JAWA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 RAWALO TAHUN AJARAN 2012/2013

Lina Ekawati

Abstract


Wati, Lina Eka, 2012,  “Peningkatan Kemampuan Berdiskusi Bahasa Jawa dengan Media Audio Visual pada Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Rawalo Tahun Ajaran 2012/2013”, Pendidikan  Bahasa dan  Sastra  Jawa,  Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ada dua masalah  pokok yang penulis teliti yaitu,  bagaimana penerapan media Audio Visual pada pembelajaran  berdiskusi bahasa Jawa pada siswa kelas XII IPS 2 SMA N I Rawalo Banyumas dan bagaimana peningkatan hasil belajar berdiskusi bahasa Jawa pada siswa kelas XII IPS 2  SMA N I Rawalo dengan media Audio Visual. Teori yang mendukung dalam penelitian ini adalah teori yang terdapat dalam  Retorika: Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi sering disebut dengan retorika yang diartikan sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan dalam proses komunikasi antar manusia (Hendrikus, 1991:14-15).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri    Rawalo Banyumas.  Keterampilan berdiskusi bahasa Jawa siswa dapat ditingkatkan melalui media audio visual. Skor peningkatan kemampuan berdiskusi bahasa Jawa diperoleh dari skor rata-rata siklus II dikurangi skor rata-rata pretes. Peningkatan aspek keakuratan dan keaslian gagasan sebesar 0.93, dari 3.03 menjadi 3.96. Aspek kemampuan argumentasi 3.31 dan pada akhir tindakan sebesar 4.31 artinya naik sebesar 1. Peningkatan sebesar 1.1 terjadi pada aspek keruntutan penyampaian gagasan,  dari  2.93 menjadi  4.03.  Aspek pemahaman sebesar 1,03 dari 3,65 menjadi 4,68. Aspek ketepatan kata sebesar 1,24 dari 2,72 menjadi 3,96. Aspek ketepatan kalimat sebesar 1,45 dari 2,48 menjadi 3,93. Aspek ketepatan stile penuturan sebesar 1,73 dari 2,27 menjadi 4. Aspek kelancaran sebesar 1,19 dari 2,93 menjadi 4,13. Peningkatan nilai rata-rata kelas juga terlihat dari prasiklus, siklus I dan siklus II.  Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 58,3 dan siswa yang mencapai KKM hanya 4 siswa atau 14%, siklus I meningkat menjadi 71,72 siswa yang mencapai KKM sebanyak 23 siswa atau 79%, dan siklus II meningkat menjadi 82.58, pada siklus ini semua siswa sudah memenuhi KKM yang ada yaitu 68 sebesar 100%.

 

 

Kata-kata kunci : Audio Visual Meningkatkan Berdiskusi Bahasa Jawa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.