KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL KUBUR NGEMUT WEWADI KARYA AY SUHARYONO DAN KEMUNGKINAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Pamungkas Tri Prasetyo

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan struktur novel meliputi: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, gaya bahasa, dan pusat pengisahan dalam novel Kubur Ngemut Wewadi karya A.Y Suharyono. (2) mendeskripsikan aspek-aspek sosial meliputi: cinta kasih, moralitas, perekonomian, kekerabatan, dan kepercayaan, dalam novel Kubur Ngemut Wewadi karya A.Y Suharyono. (3) mendeskripsikan pembelajaran novel Kubur Ngemut Wewadi karya A.Y Suharyono di  SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah teks novel Kubur Ngemut Wewadi karya A. Y Suharyono.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan teknik catat teknik pustaka yaitu dengan menggunakan buku-buku dan teori-teori yang membahas tentang struktural dan sosiologi. Teknik catatnya yaitu dengan mencatat data-data berupa kutipan yang telah ditemukan kedalam nota pencatat data. Dalam teknik analisis data digunakan teknik analisi isi yang mengkaji dan membahas unsur struktural dan sosiologi dalam novel “Kubur Ngemut Wewadi” karya A.Y Suharyono. Dari pembahasan data, diperoleh hasil bahwa aspek-aspek sosial dalam novel Kubur Ngemut Wewadi karya A.Y Suharyono meliputi (1) aspek cinta kasih terhadap keluarga, kecintaan Indro dengan ayahnya terjalin baik dan cinta kasih terhadap lawan jenis cinta Dhiek Titiek kepada Indro tulus apa adanya, (2) aspek  moralitas tokoh utama mempunyai moral yang buruk kepada Allah dan sesama manusia. (3) aspek perekonomian tokoh utama termasuk golongan ekonomi kebawah, (4) aspek kekerabatan, antar tokoh kekerabatan Indro dengan keluarga, dan lawan jenis terjalin dengan baik, (5) aspek kepercayaan terhadap Allah Swt. tampak pada Dhiek Titiek menganut kepercayaan terhadap Allah Swt. Pembelajaran novel Kubur Ngemut Wewadi karya A.Y Suharyono di kelas XI SMA sesuai dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang terdiri dari tujuan, bahan, metode, pentahapan penyajian, dan pencapaian tujuan sastra.

 

Kata Kunci: Kajian Sosiologi Sastra, Novel, Pembelajaran Sastra.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.