Nilai Moral dalam Cerita Bersambung “Calon Lurah” pada Majalah Djaka Lodhang Tahun 2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam cerita bersambung “Calon Lurah”; dan (2) nilai pendidikan moral yang terdapat dalam cerita bersambung “Calon Lurah”. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah cerita bersambung “Calon Lurah”. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan dari cerita bersambung “Calon Lurah”. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, teknik simak dan catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik keabsahan data menggunakan teknik perpanjang pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Teknik analisis data menggunakan “content analysis” atau analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian dan pembahasan data menunjukkan bahwa (1) unsur intrinsik cerita bersambung “Calon Lurah” terdiri dari: (a) tema adalah usaha Purwo untuk memenangkan pemilihan kepala desa, (b) dengan tokoh utamanya Purwo; tokoh tambahannya yaitu Ibunya Purwo, Pak Padmo, Pak Broto, Narti, Mbah Dipo, dan Pak Sugeng. (c) Alur yang digunakan adalah alur maju. (d) Latar yang terdapat dalam cerita bersambung “Calon Lurah” meliputi: latar tempat, latar waktu dan latar suasana. (e) Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga “dia” serba tahu. (2) nilai pendidikan moral terdiri dari nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia dalam lingkup sosial dan dengan lingkungan alam, dan nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan.
Kata Kunci : nilai moral, cerita bersambung “Calon Lurah”
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.