Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Menggunakan Metode Think Talk Write (TTTW) Pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Loano Tahun Ajaran 2016/ 2017

Tika Setiyana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi kelas VII G MTs Negeri Loano dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) serta untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas VII G MTs Negeri Loano dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi setelah menggunakan Metode Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam penelitian ini Siswa Kelas VII G MTs Negeri Loano. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes kemampuan menulis pengalaman pribadi dan langkah-langkah menulis pengalam pribadi dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW). Instrumen yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman pengamatan, wawancara, penugasan, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan metode Think Talk Write (TTW) dilaksanakan dalam II siklus yang meliputi perencanaan, implementasi tindakan, pemantauan dan refleksi. (2) Peningkatan prestasi menulis pengalaman pribadi siswa pada siklus I nilai rata-ratanya 74,07 telah mengalami peningkatan sebesar 57,90% dari nilai rata-rata prasiklus 66,44, pada siklus II nilai rata-rata 78,70 siswa mengalami peningkatan dalam menulis pengalaman pribadi sebesar 94,73%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan Metode Think Talk Write (TTW).
Kata kunci: menulis, pengalaman pribadi, Think Talk Write (TTW)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.