PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SESORAH PADA SISWA KELAS XI TKR-C SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Arie Suci Margasari

Abstract


Suci Margasari, Arie.2013.“Penggunaan Metode STAD (Student Teams-Achievement Division) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sesorah Pada Siswa Kelas XI TKR-C SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013”. Progaram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Penelitian ini mendeskripsikan tiga permasalahan, yaitu (1) langkah-langkah penerapan metode kooperatif type STAD, (2) pengaruh penggunaan metode kooperatif type STAD terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa, dan (3) peningkatan kemampuan hasil belajar sesorah siswa setelah menggunakan metode kooperatif type STAD. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode kooperatif type STAD, (2) mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode kooperatif type STAD terhadap keaktifan dan motivasi belajar siswa, (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan hasil belajar sesorah siswa setelah menggunakan metode kooperatif type STAD.

Peneliti menggunakan beberapa teori sebagai acuan dalam penelitian ini. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori Robert E. Slavin  (2010) menyebutkan bahwa metode kooperatif type STAD merupakan metode pembelajaran  yang paling baik untuk permulaan guru yang baru menggunakan pendekatan kooperatif. Dalam akhir pembelajaran terdapat kuis, guna mengevaluasi materi yang telah diajarkan. Teori lain dari Dr. Sudi Yatmana, dkk, (2005) menyatakan sesorah adalah menjelaskan pokok pikiran dengan kata-kata yang diucapkan kepada khalayak ramai. Sumber data penelitian ini  adalah hasil tes kemampuan siswa kelas XI TKR-C SMK Nawa Bhakti Kebumen dalam mengerjakan soal dengan materi sesorah dengan metode STAD. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan metode STAD dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil observasi, pada tahap pra siklus skor yang diperoleh (R) 94, skor maksimum ideal (SM) 210, dan persentasenya 44,76%. Pada siklus I skor yang diperoleh (R) 127, skor maksimum ideal (SM) 210, dan persentasenya 60,48%. Pada siklus II mengalami perubahan signifikan yaitu skor yang diperoleh (R) 153, skor maksimum ideal (SM) 210, dan persentasenya 72,86%.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.