PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI EKSPOSITORIS BERBAHASA JAWA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VII MTs DARUSSA’ADAH KRITIG PETANAHAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Panggih Cahyani

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi Ekspositoris berbahasa Jawa dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf  narasi Ekspositoris dengan media gambar berseri. Penelitian ini menekankan pada: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan media gambar berseri pada siswa kelas VII MTs Darussa’adah; (2) pengaruh pembelajaran menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa dengan media gambar berseri terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Darussa’adah; (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi ekspositoris berbahasa Jawa siswa kelas VII MTs Darussa’adah Kritig Petanahan Kebumen setelah memperoleh pembelajaran dengan media gambar berseri. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus I, siklus II.  Hasil penelitian ini terus meningkat dari siklus I ke siklus berikutnya. Kriteria Ketuntasan Minimal disekolah tersebut untuk mata pelajaran bahasa Jawa adalah 65, dilihat dari nilai rata-rata kelas pada kegiatan prasiklus ada 6 siswa yang nilainya sudah mencapai KKM, ada 27 siswa yang masih dibawah batas KKM dan nilai rata-rata kelas hanya 60. Pada siklus I ada 12 siswa yang nilainya sudah mencapai batas, ada 21 siswa yang masih dibawah batas KKM dan nilai rata-rata kelas 65. Pada siklus II hasil keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan yang signifikan semua siswa nilainya sudah mencapai batas nilai KKM, nilai rata-rata kelas mencapai 77.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.