Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbahasa Jawa Bermuatan Kearifan Lokal untuk Siswa Kelas XI SMA di Kabupaten Kebumen
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XI SMA di kabupaten Kebumen, dan (2) mengetahui Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) bahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa kelas XI SMA di kabupaten Kebumen.Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan diadaptasi dari Borg & Gall melalui sepuluh tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, revisi desain, revisi produk, sampai diperoleh produksi akhir berupa LKS dengan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket, Instrument penelitian ini disajikan dalam bentuk tabel, pedoman observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil data rata-rata nilai postes kelas kontrol 74,8 dan postes kelas eksperimen 76,5, keduanya berkategori baik. Nilai rata-rata dari pretes kelas kontrol 62,1 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 74,8. Hal ini meningkatkan skor 12,7. Selain itu, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 56,6 dan nilai postes kelas eksperimen adalah 76,5. Hal ini meningkatkan skor 19,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan LKS dalam pelajaran Bahasa Jawa lebih efektif daripada tanpa menggunakan LKS terbukti dari analisis data dari data yang berbeda.
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Kearifan Lokal.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.